-->

Bilangan prima ganjil + bilangan prima ganjil = bilangan komposit

Lebih tepatnya bilangan prima ganjil + bilangan prima ganjil = bilangan komposit

Setiap bilangan prima adalah ganjil kecuali 2. Sehingga dengan konsep penjumlahan pada bilangan ganjil dan genap berlaku hal seperti iti. yaitu bilangan prima ganjil + bilangan prima ganjil = bilangan komposit. Perhatikan sifat penjumlahan unutk bilangan ganjil dan bilangan genap berikut

jumlah dua bilangan ganjil adalah bilangan genap.




Jumlah dua bilangan ganjil artinya penjumlahan dari $latex (2k-1)+(2k-1)$ yang hasilnya adalah $latex 4k-2=2(2k-1)$. Misalkan $latex 2k-1=m$, maka bentuk terakhir dapat ditulis sebagai $latex 2m$. dimana ini merupakan rumus untuk bilangan genap. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa jumlah dua bilangan ganjil berapapun akan menghasilkan bilangan genap.

Jumlah dua bilangan genap adalah bilangan genap.

Jumlah dua bilangan genap artinya penjumlahan dari $latex (2k)+(2k)$ yang hasilnya adalah $latex 4k=2(2k)$. Misalkan $latex 2k=n$, maka bentuk terakhir dapat ditulis sebagai $latex 2n$. dimana ini merupakan rumus untuk bilangan genap. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa jumlah dua bilangan genap berapapun akan menghasilkan bilangan genap.

Bilangan ganjil ditambah bilangan genap adalah bilangan ganjil.

Jumlah dua bilangan dengan yang satu adalah bilangan ganjil dan yang satunya adalah bilangan genap artinya penjumlahan dari $latex (2k-1)+(2k)$ yang hasilnya adalah $latex 4k-1=2(2k)-1$. Misalkan. $latex 2k=a$, maka bentuk terakhir dapat ditulis sebagai $latex 2a-1$. dimana ini merupakan rumus untuk bilangan ganjil. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa jumlah dua bilangan dengan yang satu adalah bilangan ganjil dan yang satunya adalah bilangan genap akan menghasilkan bilangan genap.

Pada aturan yang pertama dikatakan bahwa jumlah dua bilangan ganjil adalah bilangan genap. Berlandaskan ini, kita dapatkan bahwa hasil dari bilangan prima ganjil + bilangan prima ganjil adalah sebuah bilangan genap. Dan bilangan genap tersebut tidak akan sama dengan 2. Sehingga, pasti bilangan tersebut merupakan bilangan komposit (bukan bilangan prima).

3 Responses to "Bilangan prima ganjil + bilangan prima ganjil = bilangan komposit"

  1. judul harusnya :
    bilangan prima ganjil + bilangan prima ganjil = bilangan komposit
    karena :
    2+5=7 bilangan prima
    2+17=19 bilangan prima
    dsb,.

    BalasHapus
  2. yang benar itu hasil perkalian 2 bilangan prima, bukan hasil penjumlahan 2 bilangan prima.

    BalasHapus
  3. ini judulnya memang masih belum pas.. seharusnya bilangan prima ganjil + prima ganjil sama dengan bilangan genap.. akan segera diperbaiki

    BalasHapus

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel