-->

Mengubah Derajat ke Radian, dan Radian ke Derajat

Sudut itu satuannya derajat. Sedangkan bilangan di dalam kehidupan sehari-hari kita berada di bilangan real. Bagaimana cara mengubah satuan derajat ke dalam bilangan real?
 
Pada mata pelajaran trigonometri, kita perlu sudut. Misalnya sin(30). Tentunya 30 tersebut di dalam satuan derajat. Tetapi bagaimana cara kita untuk menggambarnya di dalam koordinat cartesius.
Padahal di dalam koordinat cartecius itu sendiri merupakan bilangan real. Misalnya kita akan menggambarkan grafik dari sin(x). tentunya derajat tidak sama dengan bilangan real. Yang akan kita berikan sekarang adalah bagaimana cara mengubah derajat ke dalam bilangan real.

Berangkat dari keliling sebuah lingkaran. Keliling sebuah lingkaran adalah \pi dikalikan dengan diameter lingkaran. Bisa juga dituliskan sebagai 2 \pi dikalikan dengan jari-jari. Perhatikan bahwa keliling sebuah lingkaran, adalah memenuhi 360 derajat.
 
Pada lingkaran satuan akan berlaku keliling lingkaran satuan sama dengan 2 \pi. Dan keliling memenuhi 360 derajat. Sehinga kita mendapatkan sebuah perbandingan antara bilangan real dan satuan derajat. Bahwa 2 \pi itu setara dengan 360 derajat.
Sehingga, \pi itu setara dengan 180 derajat. Dari kenyataan ini, kita dengan mudah bisa merubah satuan derajat ke satuan radian.
 
Derajat ke Radian


Misalnya yang kita cari adalah a derajat. Jika kita rubah ke dalam satuan radian diperoleh
\frac{a}{180} \times \pi
Misalnya saja 60 derajat. Jika dijadikan dalam bentuk radian diperoleh
\frac{60}{180} \times \pi= \frac{1}{3} \times \pi=1,4 \dots
 
Radian ke Derajat


Misalnya b radian, sama dengan berapa derajat?
 
\frac{b}{ \pi} \times 180
 
Misalnya 2 radian sama dengan berapa derajat?
\frac{2}{ \pi} \times 180=0,6366 \times 180=114,6 derajat
Yang kita lakukan tersebut sama sekali tidak merubah nilai. Karena, π/180 atau 180/ π adalah nilainya satu. Setiap bilangan yang dikalikan satu adalah bilangan itu sendiri. Ini adalah identitas dari pada perkalian. Tentunya π dalam bilangan real itu setara dengan 180 dalam satuan derajat.
 
Dengan ditulisnya satuan derajat ke dalam bilangan real. Kita dengan mudah bisa menggambar grafik dari fungsi trigonometri, antara lain sin cos dan tan.
Pada kalkulator juga sering digunakan istilah radian dan derajat. Kalkulator tertentu sudah disetting untuk menghitung dengan radian tetapi biasanya kebanyakan kalkulator menggunakan satuan derajat untuk menghitung nilai dari trigonometri. Itu tidak menjadi sebuah masalah karena kita sudah belajar mengenai cara merubah satuan derajat ke satuan radian
 
Latihan..


Ubah ke dalam satuan radian
50 derajat; 30 derajat; 90 derajat; 57,3 derajat; dan 10 derajat
Ubah ke dalam satuan derajat
1 radian. 3 radian, 2 radian, 5 radian dan 3,9 radian

0 Response to "Mengubah Derajat ke Radian, dan Radian ke Derajat"

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel