-->

Banyaknya putaran yang telah dilakukan suatu roda sepeda motor

Bukan merupakan hal yang penting untuk mengetahui berapa banyaknya putaran yang telah dilakukan suatu roda sepeda motor. Tulisan ini hanya sekedar berbagi saja. Hanya menunjukkan kepada pembaca bahwa ada banyak sekali yang bisa dihubungkan dengan ilmu matematika. Termasuk hal sepele seperti ini. :roll:



Berapa banyaknya putaran yang telah dilakukan sebuah roda sepeda motor? :idea:

 

Kita anggap jari-jari sebuah roda sepeda motor adalah 30 cm. keliling sebuah roda adalah sama dengan keliling lingkaran yaitu $latex 2 \pi r$. Yaitu sebesar $latex 60 \pi$.

Untuk menghitung banyaknya putaran yang telah dilakukan sebuah roda, maka harus diketahui jarak yang telah ditempuh roda tersebut. kemudian untuk menghitung banyaknya putaran sama halnya dengan menghitung jarak dibagi dengan keliling sebuah roda. Ambil jaraknya yaitu 100 km. yang setara dengan 10000000 cm.  Lakukan perhitungan diperoleh

 


$latex \frac{10000000}{60 \pi}=53051,647 \dots&s=1$


 


Hanya untuk jarak 100 kilometer saja roda sudah berputar sebanyak sekitar 53000 kali. Bagaimana untuk jarak yang lebih jauh. Coba perhatikan berapa jauh yang telah ditempuh oleh sepeda pembaca? :idea: Kemudian kalikan dengan 530. Hasilnya adalah jumlah putaran yang telah dilakukan oleh roda sepeda motor para pembaca.

 

Sungguh tak terduga bukan.

 

Setelah berapa kilometerkah pembaca biasanya mengganti ban sepeda motor. Tentunya ketika roda tersebut sudah mulai halus. Dengan menghitung seperti ini, maka pembaca juga akan tahu, setelah berapa putaran pembaca mengganti ban sepeda motornya.

Hehe. :roll:

Semoga bermanfaat

0 Response to "Banyaknya putaran yang telah dilakukan suatu roda sepeda motor"

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel