-->

Kemungkinan banyaknya nomor HP yang bisa dibuat

 

Zaman sudah modern. Handphone sudah bukan merupakan barang mewah lagi. Kebanyakan orang dari semua golongan sudah dapat dipastikan bahwa mereka mempunyai handphone. Dari kalangan pegawai negeri, pegawai kantor, pegawai swasta, mahasiswa, pelajar, bahkan pelajar SD sudah mempunyai handphone.

 

Setiap Handphone tentunya mempunyai nomor di dalamnya supaya handphone tersebut bisa digunakan. Dan setiap nomor handphone yang satu pasti berbeda dengan nomor handphone yang lain.

Tentunya jika banyak manusia ini tidak sedikit, maka nomor handphone yang dibutuhkan itu juga tidak sedikit. Itulah mengapa nomor handphone itu sangat panjang.

Nomor handphone yang kita ketahui, rata-rata sebanyak 12 digit. Untuk nomor-nomor yang umum, biasanya 4 digit pertama mempunyai angka yang sama. Misalnya kita ambil salah satu nomor handphone.

 

Misalnya, kartu AS. Nomor pada kartu AS biasanya diawali dengan angka 0852 atau 0853. Dan angka selanjutnya sangat bermacam-macam. Jika sebuah nomor memiliki 12 digit. Dan 4 digit awalnya hanya ada dua kemungkinan.

 

Untuk mencari kemungkinan-kemungkinan angka yang bisa dibuat adalah dengan mencari banyaknya isi yang dapat dimasukkan. Dalam hal ini ada bilangan dari 0 sampai 9. Ada sebanyak 10 isi. Dan yang akan kita isi ada 12 – 4 = 8 kotak.

Pencarian banyaknya kemungkinan nomor handphone yang bisa dibuat ini bisa dikerjakan dengan menggunakan permutasi. Dan tentunya menggunakan permutasi yang boleh berulang.

 

Maka kemungkinan banyaknya nomor kartu AS adalah

 

Ada 9 kotak, dan 8 kotak bisa diisi dengan 10 kemungkinan. Karena setiap angkanya boleh berulang. Angka yang telah dipakai di kotak sebelumnya bisa dipakai lagi pada kotak berikutnya. Ini artinya boleh ada angka kembar. Dan satu kotak hanya ada dua kemungkinan. Sehingga, perhitungannya yaitu

 

$latex 2\times 10\times 10\times 10\times 10\times 10\times 10\times 10\times 10 = 200000000$

 

200 juta kemungkinan nomor handphone yang bisa dibuat.

Ini hanya untuk satu merk, yaitu kartu AS. Belum untuk yang lain. Misalnya IM3, Simpati, Mentari, Three, Axis, dan lain-lain.

 

Ternyata kemungkinan satu operator membuat nomor handphone itu sangat besar sekali. Sehingga dengan adanya ini, meskipun setiap orang nantinya memegang dua handphone, masih bisa mempunyai nomor yang berbeda. Karena masih banyak kemungkinan-kemungkinan nomor lain yang belum digunakan.

 

Tulisan Terbaru :

[archives limit=7]

 

0 Response to "Kemungkinan banyaknya nomor HP yang bisa dibuat"

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel