-->

Sudut dan jenis-jenisnya

 

Sudut dibentuk oleh dua sinar garis yang mempunyai satu titik pangkal yang sama (berhimpitan). Satuannya yaitu derajat. Sudut biasanya diberi nama dengan tiga huruf  besar. atau terkadang hanya dengan satu huruf besar. penamaan sudut diawali dengan symbol sudut.

Untuk mengukur sebuah sudut biasanya digunakan busur derajat. Alat ini juga bisa digunakan untuk membuat sebuah sudut. Sudut ini sangat penting dipelajari karena hal ini sangat penting untuk belajar matematika yang selanjutnya. Sudut dibedakan menjadi beberapa macam

 

Sudut lancip

Adalah sudut yang besarnya antara 0 derajat sampai 90 derajat. Sudut yang pasti ada di dalam segitiga. Di dalam segitiga pasti ada dua sudut yang merupakan sudut lancip. Karena suatu segitiga pasti jumlah sudutnya yaitu 180 derajat.

 

Sudut siku-siku

Sudut yang besarnya 90 derajat. Untuk membuat sudut siku-siku, bisa kita lakukan langkah-langkah berikut. Pertama ambil sebuah kertas. Sebarang kertas yang penting mudah untuk dilipat. Kemudian lipat kertas itu sekali lipat. Sehingga terbentuk sebuah garis di lipatan tersebut. setelah melipat sekali. Lipat lagi kertas tersebut dengan cara lipatan yang lurus tadi berhimpitan. Maka jadilah sudut siku-siku yang besanya 90 derajat.

 

Sudut tumpul

Sudut yang besarnya antara 90 derajat samapai 180 derajat.

 

Sudut lurus

Sudut yang besarnya 180 derajat

 

Sudut refleks

Sudut yang besarnya 360 derajat

 

Sudut ini sangat penting untuk dipelajari. Sudut nantinya akan digunakan di dalam ilmu trigonometri. Sudut juga digunakan pada mata angin. Untuk menentukan arah.

Alat yang digunakan yaitu kompas. Ini sangat membantu seorang pilot, orang yang di hutan, di gurun dan sebagainya.

 

0 Response to "Sudut dan jenis-jenisnya"

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel