-->

Aneh-aneh saja. 0/0 = 2

Suatu kebohongan besar yang pernah saya dapatkan. Dan dengan mudahnya saya mempercayainya. Tetapi setelah mendapatkan ajaran dan ilmu dari teman saya, saya menyadari bahwa ternyata hal tersebut adalah salah. mengenai $latex \frac{0}{0}$ yang sama dengan 2.

 



Ketika belajar aljabar dan sampai pada bentuk faktorisasi. :roll: Diberikan bahwa $latex x^2-1=(x-1)(x+1)$ Tentu ini merupakan hal yang benar,. tetapi selanjutnya saya disuruh untuk merubah bentuk tersebut menjadi

 

$latex \frac{x^2-1}{x-1}=x+1$


 


Dan selanjutnya saya disuruh untuk memasukkan $latex x=1$ Dan didapatkan

 


$latex \frac{1-1}{1-1}=1+1$


$latex \frac{0}{0}=2$


 


Memang, pertama kali belajar aljabar akan terlihat cukup aneh,. tetapi setelah mendapat penjelasan, ternyata ada hal yang dilarang pada saat kita memasukkan $latex x=1.$ Memang, bentuk $latex \frac{x^2-1}{x-1}=x+1$ adalah bentuk yang benar. tetapi di sini harus diberi syarat yaitu x tidak boleh sama dengan 1. Karena akan menyebabkan pembagian dengan nol yang di dalam matematika adalah tidak diperbolehkan. :!:

 

Sehingga bentuk     $latex \frac{x^2-1}{x-1}=x+1$    tidak berlaku untuk   $latex x=1$

 

Jadi, dengan jelas bahwa hal tersebut merupakan hal yang salah. yaitu, tidak benar bahwa

 

$latex \frac{0}{0}=2$


 


Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Aneh-aneh saja. 0/0 = 2"

  1. ada yang lebih parah lagi, setelah kebablasan menerjemahkan kitab suci didapat 0/0=1. ini saya temukan di haniifa.wordpress.com/2008/03/18/45/

    BalasHapus
  2. thanks atas infonya.. sudah berkomentar di sana? saya baru saja.. hehe

    BalasHapus

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel