-->

Jumlah sudut dalam segitiga adalah 180 derajat

 


Jumlah sudut dalam segitiga adalah 180 derajat


 

Seharusnya,

Pada geometri datar, jumlah sudut dalam segitiga adalah 180 derajat

Jumlah sudut dalam suatu persegi adalah 360 derajat. Ini juga berlaku pada segiempat-segiempat yang lain. Entah itu layang-layang, trapesium, atau yang lain.

Segitiga adalah suatu bangun datar yang bisa didapatkan dengan mengiris suatu segi empat di titik yang berhadapan. Sehingga sudut dalam suatu segitiga sama dengan setengah dari sudut dalam suatu segiempat. Sudut dalam suatu segiempat adalah 360 derajat. Sehingga sudut dalam suatu segitiga adalah 180 derajat.

Untuk menunjukkan bahwa jumlah sudut dalam segitiga adalah 180 derajat. Lakukan hal berikut. Buat sebarang segitiga. Kemudian potong ujung-ujungnya (yang membentuk sudut). Setelah itu gabungkan sudut-sudut yang sudah dipotong. Gabungan dari ketiga sudut akan membentuk suatu garis lurus. Yang jika dikonversikan ke dalam suatu sudut. Hal tersebut sama nilainya dengan 180 derajat.

Kalimat pertama pada tulisan ini mengatakan bahwa pada bangun datar. Ini benar. Karena pada bangun yang lengkung, jumlah sudut dalam segitiga tidak sama dengan 180 derajat. Misalnya saja pada segiiga yang digambar pada permukaan suatu bola.

Jadi, perlu digaris bawahi bahwa jumlah sudut dalam segitiga itu 180 derajat hanya untuk segitiga yang ada pada bidang datar.

Pada bidang lengkung lain lagi.

 

 

4 Responses to "Jumlah sudut dalam segitiga adalah 180 derajat"

  1. gimana caranya gmbar potongan garis yang panjangnya akar 'a' dengan jangka?
    makasih.
    _Tedoka Mooo AZ_

    BalasHapus
  2. saya pengen google menjawab

    Mengapa 1 lingkaran 360 derajat??

    BalasHapus
  3. Lukis dulu segitiga siku. . . Ukur sisi-sisi samping sedemikian shg nanti menghasilkan panjang sisi miring yang berukuran akar a

    BalasHapus

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel