-->

Tanda :=



Pernah melihat tanda $latex :=$ di matematika (buku-buku matematika)? Mungkin ada yang sudah pernah. Dan juga ada yang belum pernah. Bagi yang sudah pernah juga mungkin sudah tahu artinya atau belum tahu artinya. Bagi yang belum pernah melihat pasti belum tahu apa artinya. Hehe. Apa sih sebenarnya tanda $latex :=$ itu?

Titik dua dan disambung dengan tanda sama dengan. Tanda seperti itu biasanya akan kita temukan pada bentuk-bentuk misalnya seperti berikut ini :

$latex V(a):={x \in R: x-a< \rho}$

Tanda itu artinya “Didefinisikan”. Sekali lagi, arti dari tanda $latex :=$ adalah “DIDEFINISIKAN”.

Misalnya pada contoh berikut

$latex a-b:=a+(-b)$

$latex a-b$ itu didefinisikan sebagai $latex a+(-b)$. Tanda tersebut artinya didefinisikan. Jadi, hal tersebut itu didefinisikan. Contoh lainnya juga bisa dilihat di berikut ini

$latex a,b \in R, b \ne 0, \frac{a}{b}:=a.( \frac{1}{b})$

Pada soal-soal olimpiade SD, biasanya ada soal penjumlahan atau perkalian yang di definisikan. Operasi bintang atau pagar yang didefinisikan. Misalnya, Didefinisikan suatu operasi bintang sebagai berikut, $latex a*b=a+b-ab$. Soal-soal seperti ini, jika kita tidak ingin menuliskan kata-kata didefinisikan, kita bisa menuliskannya sebagai $latex a*b:=a+b-ab$, ini artinya sudah didefinisikan.

Tetapi, mungkin anak SD belum mengenal tanda seperti ini, maka perlu dituliskan kata-kata didefinisikan didepannya.

0 Response to "Tanda :="

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel