-->

Bilangan tidak terlihat


Judul yang aneh, apa maksud dari bilangan yang tak terlihat? Ini adalah sesuatu yang sudah dikenal sejak lama. Bahkan sejak SD. Bilangan tak terlihat kami maksudkan untuk suatu bilangan yang tidak dituliskan tetapi punya makna. Bilangan yang tidak dituliskan tetapi sebenarnya bilangan itu berperan penting. yang paling sering kita kenal adalah 


\sqrt{a}

Bilangan tak terlihat di situ adalah 2. Sebenarnya penulisan seperti itu adalah \sqrt[2]{a}
Padahal untuk bentuk akar pangkat 3, akar pangkat 4 dan yang lainnya dituliskan. Seperti

\sqrt[3]{n}, dan lain-lain



Mengapa tidak dituliskan. Kalau menurut kami, bentuk akar pangkat dua ini sering digunakan. Sehingga untuk menghemat waktu dan tenaga, disepakati untuk tidak dituliskan (bentuk yang tidak dituliskan hanya untuk akar pangkat 2)

Bentuk selanjutnya adalah


log \, x

Bilangan yang tak terlihat adalah bilangan 10. Sebagai basisnya. Penulisan secara lengkapnya adalah {}^{10}log \, n. Ini juga sering digunakan. Sehingga tidak dituliskan. Di kalkulator yang kita kenal juga semuanya basis 10. Karena bilangan yang kita kenal ini adalah basis 10 (bilangan desimal).


Bentuk-bentuk yang lainnya seperti berikut ini

\frac{4}{1}. bilangan itu sama dengan 4. Secara umum bentuk \frac{n}{1} hanya dituliskan sebagai n.
penulisan \frac{n}{1} memang sangat menghabiskan waktu. Andaikan semua bilangan dituliskan seperti itu. Begitu berantakan mungkin penulisan di matematika.

1 \times n hanya dituliskan n saja. Demi kepraktisan. Andai penulisan setiap bilangan diikutkan angka 1. Buku matematika tebalnya seberapa ya?

n^1 hanya dituliskan n. Ini juga demi kepraktisan.

Semoga bermanfaat

0 Response to "Bilangan tidak terlihat"

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel