-->

Hasil penjumlahan dan hasil perkaliannya sama



Kalian tahu tidak, bilangan berapa dengan bilangan berapa jika dijumlahkan atau dikalikan mempunyai hasil yang sama? Misalnya bilangan itu a, maka a+a=a \times a. Bilangan berapakah itu? Tentu kita bisa menjawabnya dengan mencari-carinya. Paling mudah untuk bilangan 0. Karena 0+0=0 \times 0. Ini adalah bilangan paling mudah yang memenuhi. Karena pada perkalian, semua bilangan yang dijumlahkan dengan 0 maka hasilnya adalah 0. Dan pada penjumlahan, semua bilangan yang ditambahkan dengan 0, maka akan menghasilkan bilangan itu sendiri.
Kedua yaitu bilangan 2 dan 2. Tentunya kita bisa menghitungnya bahwa 2+2=2 \times 2. 2 ditambah 2 sama dengan 4. Dan 2 dikalikan dengan 2 juga sama dengan 4. Sama-sama menghasilkan bilangan 4.
Bilangan berapakah yang lainnya? Tentu kita tidak mudah untuk menebaknya. Kita harus melakukan suatu proses aljabar untuk memudahkan kita dalam pencariannya.


Misalnya bilangan itu a dan b. Bisa kita tuliskan sebagai berikut :

a+b=a \times b

Selanjutnya bisa kita lakukan proses sehingga menjadi berikut ini :

a+b=ab
b=ab-a
b=a(b-1)
a= \frac{b}{b-1}

Bentuk terakhir adalah suatu fungsi b terhadap a. jika kita pilih nilai b=3, maka akan diperoleh nilai a= \frac{3}{2}. Jika kita pilih b=4 maka akan kita peroleh nilai a= \frac{4}{3}. Jika kita pilih b=5 maka akan kita peroleh nilai a= \frac{5}{4}. Dan seterusnya.

Pasangan-pasangannya pun kita dapatkan sebagai berikut ;

2 , \quad \frac{2}{1}
3 , \quad \frac{3}{2}
4 , \quad \frac{4}{3}
5 , \quad \frac{5}{4}
6 , \quad \frac{6}{5}
7 , \quad \frac{7}{6}
8 , \quad \frac{8}{7}

Dan seterusnya…
Tentu hal yang unik bukan. 2 bilangan yang dijumlahkan hasilnya sama dengan 2 bilangan itu jika dikalikan.
Tentunya hanya ada 2 macam bilangan yang sama, yaitu 0 dengan 0 dan 2 dengan 2. Sudah tidah ada lagi bilangan yang sama yang lainnya.

0 Response to "Hasil penjumlahan dan hasil perkaliannya sama"

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel