-->

Invers penjumlahan dan invers perkalian


Tentunya ada yang sudah mengenal apa itu invers. Invers di dalam bahasa Indonesia adalah balikan.
 
Invers dari bilangan itu adalah sesuatu yang jika dioperasikan dengan bilangan  itu akan menghasilkan suatu identitas.
Invers yang kita kenal di dunia SMA adalah invers dari suatu fungsi. Misalnya invers dari y=x+3 adalah y^{-1}=x-3. Perhatikan jika fungsi tersebut dikomposisikan dengan inversnya, maka akan didapatkan suatu identitas yaitu y=x. Invers yang kita kenal hanya itu-itu saja (hanya pada suatu fungsi).
Beranjak pada suatu bilangan atau himpunan bilangan, bilangan-bilangan juga mempunyai invers. Invers sama dengan balikan atau kebalikan. Kita mengenal pada suatu bilangan adalah balikan suatu bilangan itu sama dengan satu per bilangan itu.


 
Kita akan megatakan bahwa kebalikan dari 3 adalah \frac{1}{3}
Padahal ini masih kurang tepat. Seharusnya kita mengatakan bahwa kebalikan perkalian dari 3 adalah \frac{1}{3}, sedangkan kebalikan penjumlahan dari 3 adalah -3. Ini adalah suatu hal dasar yang penting.
 
Mungkin kita terkecoh dengan simbol dari invers, yaitu  y^{-1},  yang di dalam perpangkatan itu sama dengan  \frac{1}{y} . Ingat! Ini hanyalah suatu simbol. Jadi jangan diartikan sama dengan pangkatnya.
 
Invers penjumlahan yaitu misalnya bilangan itu a, maka invers penjumlahan dari a adalah suatu bilangan x yang jika a + x akan menghasilkan identitas penjumlahan yaitu 0. Berapakah invers penjumlahan dari 5, maka dengan mudah kita bisa mencarinya, yaitu sama dengan -5
Invers perkalian yaitu misalnya bilangan itu a, maka invers perkalian dari a adalah suatu bilangan n yang jika a \times n akan menghasilkan identitas perkalian yaitu 1. Berapakah invers perkalian dari 5, maka kita bisa mencarinya, dan diperoleh invers perkalian dari 5 adalah  \frac{1}{5}
 
Nah, sekaramg kita sudah mengetahui apa itu invers dan apa bedanya invers perkalian dan invers penjumlahan. Jangan terkecoh lagi ya. Invers, balikan, invers penjumlahan dan invers perkalian.
 

0 Response to "Invers penjumlahan dan invers perkalian"

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel