-->

Multiplier pada bilangan prima

Berkaitan dengan hal ciri bilangan habis dibagi dengan bilangan prima. Kita juga perlu untuk mengetahui multiplier dari bilangan itu. Yang sudah kita ketahui adalah multiplier dari 7, 11 dan 13. Dimana multiplier dari 7, 11 dan 13 bisa dilihat pada tabel berikut ini :


Bilangan prima Multiplier
7 2
11 1
13 9


Multiplier ini digunakan untuk menentukan apakah suatu bilangan habis dibagi bilangan prima. Misalnya kita akan mengecheck apakah suatu bilangan habis dibagi 7. Maka yang harus kita lakukan adalah memisahkan bilangan yang dimaksud dengan satuannya.


Kemudian bilangan sisa (tanpa satuan) dikurangi dengan bilangan satuan yang dikalikan dengan multiplier dari 7.
Multiplier dari 7 adalah 2. Sehingga, untuk mengecheck apakah suatu bilangan habis dibagi 7, maka yang harus kita lakukan adalah

Bilangan sisa (tanpa satuan) – (2 x digit satuan). Jika hasilnya habis dibagi 7, maka bilangan semula juga habis dibagi 7.
Apabila kita masih kesulitan apakah bilangan yang dimaksud habis dibagi 7, maka kita bisa melakukan langkah tersebut secara berulang-ulang. Sampai didapatkan suatu bilangan yang mudah diketahui jika habis dibagi 7.

Selain multiplier bilangan-bilangan di atas. Multiplier dari 17 dan 19 juga bisa dicari. Multiplier dari 17 dan 19 adalah sebagai berikut :

Bilangan Multiplier
17 5
19 17

0 Response to "Multiplier pada bilangan prima"

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel