-->

Mencari hari lahir jika diketahui tanggal lahir

 

Ketika saya masih SMP. Saya merasa ada sesuatu yang aneh. Bukan masalah yang terlalu aneh tetapi masalah kecil tentang hari lahir. Ini terjadi ketika saya melihat biodata teman saya yang didalamnya tertulis hari lahirnya yaitu hari “selasa”. Saya yang lahir pada tanggal 7 maret 1991 tertulis hari “rabu”.

Sedangkan teman saya yang lahir pada tanggal 5 maret 1991 tertulis hari “selasa”. Siapa yang salah? Entahlah.

 

Setelah itu saya langsung menanyakan ini kepada Ibu saya. Tetapi ibu menjawab “lupa”. Yang diingat ibu adalah saya lahir pada malam hari. Mungkin ibu saya bingung dengan hari dan tanggalnya karena saya lahirnya pada malam hari. Akhirnya saya memutuskan untuk membiarkan hal ini.

Secara tidak disengaja. Beberapa hari kemudian saya iseng-iseng membaca buku dan yang saya baca itu adalah tentang mencari hari lahir. [thanks to Allah]. Akhirnya saya penasaran dan mencoba menghitung, sebenarnya yang salah itu saya atau teman saya.

 

Di buku itu tertulis :

 


Mencari hari lahir




Misalkan t adalah tahun kelahiran

h adalah jumlah hari (februari memiliki 29 hari pada tahun kabisat)

$latex k= \frac{t-1}{4}&s=2$ (hiraukan sisanya)

kita cari

$latex f= \frac{t+h+k}{7}&s=2$


 


ambil sisanya dan lihat di sini

 


0 = jumat


1 = sabtu


2 = minggu


3 = senin


4 = selasa


5 = rabu


6 = kamis


 

Akhirnya saya menghitung.

 

Tanggal lahir saya yaitu 7 maret 1991. Sehingga :

 

t = 1991

h = 31+28+7, sehingga   h = 66

 

$latex k= \frac{1991-1}{4},&s=2$  $latex k=497,5$  (hiraukan sisanya), sehingga $latex k=497$

$latex f= \frac{1991+66+497}{7},&s=2$    $latex f= \frac{2554}{7}&s=1$

 

hasilnya yaitu 364 sisa 6

 

sisa 6, artinya hari kamis.

 

Ternyata yang salah adalah hari lahir saya. Dan hal ini kemudian saya ceritakan ke teman saya tersebut.

Dan untuk teman-teman, kita dapat memakai rumus di atas untuk mencari hari lahir kita jika kita tahu tanggal, bulan, dan tahunnya.

 

Tulisan Terbaru:

[archives limit=7]

 

7 Responses to "Mencari hari lahir jika diketahui tanggal lahir"

  1. sisa 6 darimana??

    kalo punya saya sih sisa 0 aka jumat aka bener... hehe

    BalasHapus
  2. ya 2554 dibagi 7 itu kan sisa 6. contoh penghitungan yang lain, 5 dibagi 2 itu sama dengan 2 sisa 1. seperti itu.. sisa itu harus lebih kecil dari pembaginya

    BalasHapus
  3. wahyu pradana stya budi9 November 2010 pukul 06.51

    ya..ya....sepertinya saya juga masih agak ingat permainan hari lahir ini....

    BalasHapus
  4. saya punya referensi lain yang juga menyertakan perhitungan tahun kabisat, silahkan disimak,

    Sumber: http://www.usna.edu/Users/math/wdj/book/node35.html

    BalasHapus
  5. Thanks informasinya sob.. Salam..

    BalasHapus
  6. hahaha.. Permainan zaman bien pas SMP le..

    BalasHapus
  7. cara mencari "h" itu gmn gan,, 31 = jumlah hari , 28 itu dari mana dan 7 itu dari mana gan ??

    mohon pencerahannay
    tkhz

    BalasHapus

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel