-->

Cara menentukan fungsi balikan

 

Hal yang berkaitan adalah pencarian rumus untuk $latex f^{-1}(x)$ untuk melakukan itu, kita tentukan terlebih dahulu $latex f^{-1}(y)$ kemudian kita menukarkan x dan y dalam rumus yang dihasilkan. Jadi diusulkan untuk melakukan tiga langkah berikut untuk pencarian $latex f^{-1}(x)$

 

Langkah 1 : Selesaikan persamaaan $latex y=f(x)$ untuk x dalam bentuk y.

Langkah 2 : Gunakan $latex f^{-1}(y)$  untuk menamai ungkapan yang dihasilkan dalam y.

Langkah 3 : Gantilah y dengan x.

 

Perhatikan bahwa kita telah menukar peranan x dan y. Sedikit pemikiran meyakinkan kita bahwa menukar peranan x dan y pada grafik adalah mencerminkan grafik  terhadap garis y=x. Jadi, grafik $latex y=f^{-1}(x)$  adalah gambar cermin grafik  $latex y=f(x)$ terhadap garis y=x.

 

Contoh soal

Carilah invers dari $latex y= - \frac{1}{x-3}&s=1$

 

Jawab :

Langkah 1 : menyelesaikan persamaaan $latex y=f(x)$ untuk x dalam bentuk y.

$latex y=- \frac{1}{x-3}&s=1$

$latex x-3=- \frac{1}{y}$

$latex x=- \frac{1}{y}+3$

Langkah 2 : menggunakan $latex f^{-1}(y)$ untuk menamai ungkapan yang dihasilkan dalam y

$latex f^{-1}(y)=- \frac{1}{y}+3&s=1$

Langkah 3 : mengganti y dengan x.

$latex f^{-1}(x)=- \frac{1}{x}+3&s=1$

 

Tulisan Terbaru :

 

[archives limit=5]

 

2 Responses to "Cara menentukan fungsi balikan"

  1. ass. salam kenal ...
    saya ade...saya mahasiswa komputer jurusan teknik informatika...sekarang saya sedang mengerjakan skripsi saya yang berkaitan dengan jadwal dimana saya kuliah saat ini...saya mau nanya gimana caranya untuk menentukan fungsi / persamaan dalam matematika dengan menggunakan algoritma genetika yang berkaitan dengan penjadwalan (variabelnya dosen, mata kuliah, kelas, biaya mengajar dan waktu) untuk informasinya trima kasih banyak...

    BalasHapus
  2. waduhhh... jujur, saya belum paham apa yang dimaksudkan

    BalasHapus

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel