-->

Cos(355) = –1 [mendekati] (355 radian)

 

Apa tidak salah? Apa benar nilai dari $latex cos \, 355 =-1$. Ingin sekali memohon kepada pembaca untuk membenarkan apa yang salah di dalam penulisan blog ini. Jika mungkin pembaca pada tulisan-tulisan sebelumnya menemukan suatu tulisan yang salah, atau dalam penulisan (pengetikannya salah), ataupun dalam materinya yang salah. tulisan yang tidak sepatutnya dipostingkan atau tulisan yang menyinggung atau yang lain-lain, mohon langsung dituliskan di komentar. Semoga bermanfaat.

  

Kembali lagi ke $latex cos \, 355 =-1$. Apa benar? Coba kita hitung dengan menggunakan kalkulator.

  

Jika kita hitung di dalam mode degree, maka nilainya bukan -1, karena jelas-jelas bahwa nilai dari $latex cos \, 360^{ \circ} =1$. Jadi, nilai dari $latex cos \, 355^{ \circ}$ tidak mungkin sama dengan $latex -1$, nilainya pasti dekat dengan 1.

Coba gunakan mode radian. Lalu, hitung nilai dari $latex cos \, 355$, akhirnya, hasilnya mendekati dengan yang ada pada judulnya bukan!

  

Hubungan yang erat antara radian dan derajat. Ingat! $latex \pi$ radian sama dengan $latex 180^{ \circ}$. Hubungan ini adalah yang sangat penting untuk diingat. Untuk merubah radian ke derajat, ini yang digunakan, yaitu hubungan bahwa $latex \pi$ radian sama dengan $latex 180^{ \circ}$. Ini penting! Jadi disarankan untuk dihafalkan.

  

Sekarang akan kita cari hubungan antara 355 dengan derajatnya. Jika 355 radian kita rubah ke derajat, berapakah yang kita dapatkan.

 

Ingat, $latex \pi$ radian sama dengan $latex 180^{ \circ}$

355 radian sama dengan $latex frac{355}{ \pi} 180^{ \circ}$

355 radian sama dengan …

 

Sangat dekat nilainya. Unik bukan…

 

Perhatikan untuk yang lainnya,

 

$latex cos \, 333$

$latex cos \, 377$

$latex cos \, 710$

 

Nilainya unik-unik bukan. Mendekati bilangan bulat. Unik bukan. Radian yang unik.

 

Penulisan :

Lebih aman, ketika kita menulisakan sinus atau cosines suatu bilangan, beri tanda derajat $latex ( {}^{ \circ})$. Untuk menuliskan bilangan derajat. Ini akan lebih mudah membedakan antara derajat dan radian.

  

Tulisan Terbaru :
[archives limit=7]

  

2 Responses to "Cos(355) = –1 [mendekati] (355 radian)"

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel