-->

Hati-hati menggunakan kalkulator

  

Menggunakan kalkulator disarankan untuk berhati-hati. Apalagi ketika kita menghitung trigonometri. Sinus, cosines, tangent. Ini akan sangat berhubungan erat dengan mode dari kalkulator. Sebelumnya perhatikan kalkulator online berikut ini :

  

  

Kalkulator ini kalkulator online. Tinggal buka internet, kita bisa berkalkulator tanpa harus membelinya. Lengkap dan berdigit cukup banyak. menggunakan Kalkulator Online 

  

Kembali lagi ke permasalahan yang awal. Berhati-hati dalam pemakaian kalkulator, artinya bukan menekan tombolnya harus pelan-pelan atau yang lainnya. Berhati-hati dengan mode kalkulator. Pada kalkulator standart (scientific), umumnya ada 2 mode utama, radian dan degree. Biasanya ditulis rad dan deg.

 

Tentu kita sudah mengetahui apa itu rad (radian) dan apa itu deg (degree / derajat). Ingat!

  

$latex \pi$ radian sama dengan $latex 180^{ \circ}$

  

Dalam perhitungan trigonometri, nilai dari $latex sin \, 5$ itu berbeda dengan $latex sin \, 5^{ \circ}$. Apa perbedaannya? Satunya ada tanda derajat dan yang satunya tidak ada tanda derajat. Ini sudah menunjukkan bahwa bilangan yang mempunyai tanda derajat adalah bilangan dengan satuan derajat. Sedangkan bilangan yang tanpa tanda derajat itu adalah satuan bilangan radian.

Dalam penulisan memang mudah untuk membedakannya. Tetapi di dalam kalkulator, kita akan kesulitan menuliskan derajat tersebut. Sehingga kita diberikan mode-mode yang berbeda di dalam kalkulator. Jadi, perhatikan betul mode apa yang digunakan sebelum menghitungnya. Jangan sampai salah menggunakan mode. Mode deg untuk menghitung dengan satuan derajat. Sedangkan mode rad untuk menghitung satuan radian.

  

Jadi, hati-hati dalam penulisan bilangan di dalam kalkulator. Lihat dulu, mode apa yang digunakannya

  

Tulisan Terbaru :
[archives limit=7]

  

0 Response to "Hati-hati menggunakan kalkulator"

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel