-->

Sudoku

  

Siapa yang belum kenal Sudoku ?

Permainan ini sudah sangat terkenal. Mengasah otak dan mempertajamnya. Sudoku ini sendiri adalah singkatan dari bahasa jepang.

“suji wa dokushin ni kagiru”



yang artinya

“digit angka haruslah tunggal”.


 


Permainan Sudoku ini pada awalnya merupakan permainan angka. Angka-angka yang digunakan adalah mulai dari angka 0 sampai angka 9. Umumnya, Sudoku terdiri dari 9 x 9 kotak kecil. yang akan dibagi lagi menjadi 3 x 3 kotak. Dimana setiap baris dan kolomnya tidak ada angka yang sama.

Sudoku yang sekarang juga sudah bermacam-macam. Ada yang menggunakan warna, huruf, atau yang lainnya. Tetapi Sudoku tetaplah Sudoku. Tidak boleh ada yang sama pada tiap baris dan tidak ada yang sama pada setiap kolom.

  

Bagaimana cara bermain Sudoku ?

  

Permainan ini adalah permainan penempatan angka. Dimana dalam satu baris itu tidak boleh ada angka yang sama. Demikian halnya dalam satu kolom juga tidak boleh ada angka yang sama.

Dalam permainan Sudoku biasanya sudah diberikan beberapa angka di dalam kotak 9 x9 tersebut. yang harus kita lakukan adalah melengkapinya sehingga syarat dalam satu baris itu tidak boleh ada angka yang sama dan dalam satu kolom juga tidak boleh ada angka yang sama itu terpenuhi.

Permainan ini sangat membantu dalam mengasah otak kita. Cobalah sekali memainkan permainan ini, nantinya juga akan ingin memainkannya lagi. Permainan ini juga berakibat baik pada diri kita. Berpikir sebelum bertindak dan menempatkan sesuatu pada tempatnya.

 

Di Sudoku juga ada list apabila ada satu kolom dengan dua kemungkinan angka benar yang akan ditempatkan. Mencari celah dimana kita harus memulai mengisikan angka. Biasanya kita akan melakukan dari sebuah baris atau kolom yang paling banyak terisi angka. Bisa juga melihat dari persegi kecil ukuran 3 x 3 di dalam grid besar itu.

Penasaran dengan permainan ini. Bisa beli buku-buku Sudoku. Di Gramedia, atau di toko-toko buku yang lain. Permainan ini juga bisa didapatkan dalam bentuk game. Di komputer ataupun di handphone. Untuk yang ingin memainkannya di handphone bisa mendownload di waptrick.com atau di wapking.com. tinggal ketik aja di search. Ketikkann Sudoku, dan nantinya tinggal mendownload.

Selamat bermain.

  

Tulisan Terbaru :

[archives limit=7]

  

0 Response to "Sudoku"

Posting Komentar

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel