-->

Mengecheck apakah hasil perkalian yang dilakukan benar

Seringkali kita melakukan kesalahan pada sebuah perhitungan. Terutama perhitungan yang tanpa menggunakan kalkulator. Ini yang sangat kita sesalkan. Menghitung panjang, dan hasilnya ternyata salah. Waktu sudah termakan banyak, tetapi hasil perhitungan masih belum yakin. Apakah sudah benar atau masuh salah. Untuk mengatasi hal ini coba lakukan cara memeriksa hitungan perkalian berikut ini. Apakah sudah benar atau belum. Seperti berikut :

2345 x 1234 = ?

Misalnya setelah kita menghitung, kita dapatkan jawaban 2893730. Selanjutnya kita check.

Setiap bilangan yang kita kalikan kita pisahkan digit-digitnya kemudian kita jumlahkan . misalnya a x b. kita pisahkan digit-digit pada a kemudian kita jumlahkan. Dan kita pisahkan digit-digit pada b kemudian kita jumlahkan. Nanti hasilnya kita kalikan.

2345 = 2 + 3 + 4 + 5 = 14, 14 = 1 + 4 = 5

Jika hasil penjumlahan masih lebih besar dari 9, maka kita lakukan langkah yang sama tersebut.

1234 = 1 + 2 + 3 + 4 = 10. 10 = 1 + 0 = 1

Perkalian dari hasil-hasilnya, yaitu 5 x 1 = 5

Sekarang kita lakukan langkah yang sama pada hasil perkalian. Jika nanti hasilnya sama dengan 5 (sama dengan hasil perkalian hasil penjumlahan digi-digit pada soal). Maka perhitungan kita benar. tetapi jika ternyata hasilnya tidak sama dengan 5, maka perkalian yang kita lakukan adalah salah. Tentu kita harus mengulangi menghitungnya. Kita lakukan penjumlahan digit-digit pada hasil perkaliannya.

2893730 = 2 + 8 + 9 + 3 + 7 + 3 + 0 = 32, 32 = 3 + 2 = 5

Ternyata hasilnya adalah 5. Maka kesimpulannya adalah perkalian yang kita lakukan adalah benar. (perkalian diatas saya lakukan dengan menggunakan kalkulator. Tentunya hasilnya haruslah benar).

Coba lakukan perhitungan dengan bilangan yang cukup besar kemudian check! Apakah hasilnya sudah benar atau masih salah.

2 Responses to "Mengecheck apakah hasil perkalian yang dilakukan benar"

Harap komentar yang bijak!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel